Cara Mengaktifkan Pengalihan Panggilan Kartu Telkomsel

Posted on

Cara Mengaktifkan Pengalihan Panggilan Kartu Telkomsel-Call Forwarding atau yang umum dikenal dengan pengalihan panggilan adalah salah satu fitur yang dapat Anda akses sebagai pengguna kartu Telkomsel. Operator seluler manapun termasuk Telkomsel pasti akan menyematkan fitur ini di setiap kartu yang dikeluarkan. Fitur yang satu ini mempunyai beberapa kelebihan yang terbilang bermanfaat bagi penggunanya. Sebelum membahas mengenai kelebihannya, Anda perlu juga untuk memahami cara mengaktifkan pengalihan panggilan kartu Telkomsel.

Seperti yang sudah disinggung di atas jika fitur pengalihan panggilan memiliki sejumlah kelebihan tersendiri. Kelebihan tersebut misalnya Anda bisa menolak panggilan dari nomor-nomor tertentu. Selain itu apabila Anda malas untuk menerima panggilan telefon dari beberapa orang maka Anda bisa menggunakan fitur ini untuk menghindari mereka. Anda juga bisa lebih mudah untuk memiliki banyak nomor sekaligus.

cara mengalihkan panggilan telepon

Cara Mengaktifkan Pengalihan Panggilan Kartu Telkomsel

Saat mempunyai lebih dari satu nomor ponsel, maka Anda dapat membawa hanya satu nomor. Nomor yang lainnya akan terredirect ke nomor yang dibawa tadi. Jadi seluruh panggilan akan dapat diangkat ke satu nomor tersebut. Fitur Call Forwarding juga memungkinkan Anda untuk mengalihkan panggilan kala telepon tersebut tak dapat diangkat karena sibuk atau terdapat sejumlah kondisi yang tidak memungkinkan seperti misalnya baterai ponsel habis atau ponselnya sedang rusak.

Selain itu, demi menghindari hal-hal yang tidak diinginkan seperti misalnya kemungkinan penipuan dari nomor asing maka fitur ini bisa mencegahnya. Apabila terdapat panggilan dari nomor asing yang tidak dikenal maka nomor itu secara otomatis akan dialihkan menuju nomor lain ataupun akan mendapat pemberitahuan dari pihak operator jika nomor itu tidaklah terdaftarkan.

Redirect atau pengalihan panggilan tersebut dapat Anda lakukan dengan melalui sejumlah cara. Ada yang memakai pengaturan di ponsel tiap penggunanya, ada yang memakai aplikasi bantuan, ada juga yang memakai dial atau nomor panggilan USSD. Semua cara mengaktifkan pengalihan panggilan kartu Telkomsel tak ada yang sulit. Anda hanya perlu mengikuti langkah-langkah yang dijelaskan. Cukup pilih saja salah satu dari cara di bawah ini maka Anda bisa melakukan pengalihan panggilan dengan mudah dan cepat.

Cara ini akan dibagi menjadi 4 berdasarkan istilah resmi yang dipakai. Di bawah ini adalah penjelasan dari istilah yang mungkin akan Anda temui saat mencoba melakukan Call Forward (CF) :

  • Call Forward Default : Pengalihan setiap panggilan yang masuk kapanpun Anda tengah sibuk, ada di luar jangkauan, ataupun tidak ada jawaban sama sekali.
  • Call Forward Unconditional  : Pengalihan setiap panggilan yang masuk tanpa adanya prakondisi apapun.
  • Call Forward No Answer : Pengalihan setiap panggilan yang masuk karena Anda tidak menjawab panggilan tersebut.
  • Call Forward Busy : Pengalihan setiap panggilan yang masuk karena Anda tengah sibuk dan tidak sempat mengangkat panggilannya.

Setelah mengerti istilahnya, berikut ini adalah cara yang dapat Anda coba untuk mengaktifkan fitur Call Forward di kartu Telkomsel seperti kartu AS, Hallo, ataupun Simpati :

1. Mengalihkan Telepon Saat Anda Tidak Dapat Mengangkatnya (Call Forward No Answer)

Cara yang pertama dapat Anda pakai saat panggilan yang masuk tidak dapat dijawab pada waktu itu alias panggilan tidak diangkat. Caranya adalah dengan memasukkan kode **61* (dengan tanda bintang), lalu tambah nomor tujuan pengalihan, dan berikan tanda pagar (#). Jika sudah maka tekan tombol Yes atau Okay.

Contoh : **61*0812223334445#

Itu berarti segala panggilan yang tidak Anda angkat akan dialihkan menuju ke nomor 0812223334445. Lalu untuk menonaktifkan ataupun membatalkan fitur ini Anda bisa melakukannya dengan menekan ##61# kemudian pilih Okay atau Yes.

2. Mengalihkan Setiap Panggilan Telepon yang Masuk (Call Forward Unconditional)

Cara yang kedua dapat Anda pakai untuk mengalihkan setiap panggilan telepon yang masuk. Panggilan tersebut akan dialihkan ke nomor lain milik Anda. Caranya adalah dengan memasukkan kode **21* (dengan tanda bintang), lalu tambah nomor tujuan pengalihan, dan berikan tanda pagar (#). Jika sudah maka tekan tombol Yes atau Okay.

Contoh : **21*0812223334445#

Itu berarti segala panggilan yang masuk akan dialihkan menuju ke nomor 0812223334445. Lalu untuk menonaktifkan ataupun membatalkan fitur ini Anda bisa melakukannya dengan menekan ##21# kemudian pilih Okay atau Yes.

3. Mengalihkan Panggilan Ketika Nomornya Sedang Tidak Aktif atau Tidak Ada Jaringan (Call Forward Default)

Cara yang ketiga dapat Anda pakai untuk mengalihkan panggilan yang masuk karena nomor tersebut tidak aktif ataupun sedang tidak ada jaringan/sinyal. Panggilan tersebut akan dialihkan ke nomor lain milik Anda. Caranya adalah dengan memasukkan kode **62* (dengan tanda bintang), lalu tambah nomor tujuan pengalihan, dan berikan tanda pagar (#). Jika sudah maka tekan tombol Yes atau Okay.

Contoh : **62*0812223334445#

Itu berarti segala panggilan yang harusnya masuk tapi terhalang sinyal ataupun karena nomor tersebut sedang tidak aktif akan dialihkan menuju ke nomor 0812223334445. Lalu untuk menonaktifkan ataupun membatalkan fitur ini Anda bisa melakukannya dengan menekan ##62# kemudian pilih Okay atau Yes.

4. Mengalihkan Panggilan Karena Sedang Sibuk (Call Forward Busy)

Cara yang keempat dapat dipakai untuk mengalihkan panggilan yang masuk karena Anda sedang sibuk atau ingin menolaknya saja. Panggilan tersebut akan dialihkan ke nomor lain milik Anda. Caranya adalah dengan memasukkan kode **67* (dengan tanda bintang), lalu tambah nomor tujuan pengalihan, dan berikan tanda pagar (#). Jika sudah maka tekan tombol Yes atau Okay.

Contoh : **67*0812223334445#

Itu berarti segala panggilan yang masuk tapi akan Anda reject akan dialihkan menuju ke nomor 0812223334445. Lalu untuk menonaktifkan ataupun membatalkan fitur ini Anda bisa melakukannya dengan menekan ##67# kemudian pilih Okay atau Yes.

Selain cara mengaktifkan pengalihan panggilan kartu Telkomsel, Anda harus juga mengetahui cara untuk menonaktifkan ataupun membatalkan seluruh fitur Call Forward tadi. Apabila Anda ternyata lupa sudah mengaktifkan jenis atau tipe yang mana maka tak usah khawatir. Terdapat satu kode yang bisa dipakai untuk membatalkan seluruh fitur itu. Kode tersebut adalah ##002# (dengan tanda pagar). Jika sudah diketikkan maka jangan lupa klik Yes atau Okay.

Jika Anda sudah mengetikkan kode tersebut maka itu artinya semua jenis Call Forward sudah tidak aktif lagi. Selain itu ada juga cara lain yang dapat dicoba yakni di menu Divert. Pada menu itu Anda bisa memilih Clear All Divert lalu tekan tombol Okay atau Yes. Fungsinya sama saja dengan kode tadi.

Itulah tadi penjelasan mengenai apa itu fitur pengalihan panggilan serta bagaimana cara mengaktifkan pengalihan panggilan kartu Telkomsel. Setiap operator termasuk Telkomsel pasti akan memberikan pelayanan terbaik bagi pelanggannya. Itu sebabnya Anda bisa memanfaatkan fitur ini sebaik mungkin demi keamanan dan kenyamanan. Sekian penjelasannya semoga tulisan ini bisa menambah informasi bagi Anda