Kimi Nur Kurangin tidur banyakin mimpi

Fitur-fitur yang Wajib Ada di Aplikasi Keuangan Perusahaan

aplikasi-keuangan-perusahaan

Fitur Wajib di Aplikasi Corporate Finance

aplikasi-keuangan-perusahaan

Akuntansi sangat penting dalam menjalankan bisnis. Saat ini, penting bagi para startup dan pengusaha tingkat menengah untuk menyadari pentingnya mengelola keuangan dengan baik. Cara mengelola keuangan dengan baik agar tidak terjadi kesalahan atau human error adalah dengan melakukan pencatatan/pembukuan yang sistematis.

Segala sesuatu yang berhubungan dengan keuangan harus dilakukan secara otomatis mengingat segala sesuatu dituntut dengan cepat dan tepat. Cara manual sudah tidak bisa digunakan lagi, perlu adanya pengelolaan keuangan yang baik dalam mengelola seluruh anggaran keuangan perusahaan. Jika Anda seorang pebisnis yang menginginkan manajer keuangan yang baik untuk perusahaan Anda, maka solusinya adalah dengan menggunakan bantuan aplikasi keuangan perusahaan.

Pentingnya Manajemen Keuangan yang Baik

Mungkin masih ada beberapa perusahaan yang masih menggunakan jasa konsultan keuangan untuk mendapatkan laporan keuangan yang baik. Namun perlu diingat jika Anda tidak dapat terus menggunakan jasa keuangan eksternal tersebut, maka biaya sewa jasa eksternal tersebut juga cukup mahal. Apalagi jika jumlah transaksi perusahaan yang tidak memiliki bukti, pengelolaan keuangan perusahaan yang buruk, menambah waktu bagi jasa keuangan eksternal tersebut untuk memperbaikinya. Manajemen keuangan penting bagi setiap bisnis agar bisnis dapat terus berjalan dengan stabil.

Orang yang ditunjuk untuk mengelola keuangan perusahaan adalah manajer keuangan. Manajer keuangan adalah orang yang bertanggung jawab atas pengelolaan keuangan perusahaan, misalnya seperti menentukan struktur modal, memperkirakan dana yang dibutuhkan perusahaan, menciptakan peluang investasi, dan membuat kebijakan yang berkaitan dengan keuangan perusahaan, hingga membuat keputusan keuangan yang bijaksana. . Tujuan pengelolaan keuangan adalah untuk menjamin kelangsungan usaha, mengoptimalkan keuntungan, meminimalkan biaya yang tidak terlalu dibutuhkan oleh perusahaan, dan menjaga arus kas yang tepat.

Baca Juga:  Cara Mengatasi Layar HP Berubah Menjadi Kuning

Fitur Aplikasi Keuangan Perusahaan

Untuk mempermudah pencatatan akuntansi perusahaan, maka diperlukan aplikasi keuangan perusahaan. Di dalam aplikasi terdapat fitur-fitur yang berguna untuk mengelola keuangan perusahaan setiap hari. Simak beberapa fitur aplikasi keuangan perusahaan yang penting untuk Anda ketahui di bawah ini.

1. Manajemen Penagihan dan Faktur

Manajemen penagihan faktur adalah salah satu fitur yang sangat penting untuk semua jenis perusahaan. Mengelola invoice dengan membuat billing manual dengan kertas tentunya akan sangat merepotkan perusahaan dalam mencari history transaksi invoice yang belum terbayar, selain itu invoice yang dibuat secara manual juga sangat mudah rusak dan bisa hilang.

Manajemen penagihan berkaitan erat dengan pengelolaan hutang dan piutang perusahaan, sehingga hal ini juga mempengaruhi arus kas perusahaan. Untuk itu, aplikasi keuangan yang baik akan mempermudah pengelolaan invoice dan dapat dengan mudah digunakan oleh berbagai lini bisnis.

Aplikasi akuntansi perusahaan memudahkan manajer keuangan untuk mengelola tagihan pelanggan atau klien dengan melihat riwayat transaksi, karena semuanya dilakukan secara sistematis dalam sistem. Aplikasi keuangan yang baik juga menyediakan fungsi pengingat untuk faktur terutang.

Fitur billing management akan memudahkan pengusaha dalam membuat, mengelola, dan mengirimkan invoice kepada pelanggan. Selain faktur yang dapat dihasilkan secara online, juga dapat dicetak dan dilengkapi dengan berbagai komponen serta dibuat dalam waktu yang cepat.

2. Penyusutan Aset

Setiap perusahaan pasti memiliki aktiva tetap yaitu aktiva perusahaan yang berumur lebih dari satu tahun. Karena alasan ini, jenis aset ini mudah terdepresiasi seiring bertambahnya usia. Aset tetap adalah aset berwujud yang relatif lama dan digunakan oleh perusahaan untuk menghasilkan barang dan jasa. Fitur-fitur yang tersedia dalam aplikasi akuntansi canggih ini dilengkapi dengan fitur penyusutan aset yang dapat mengatur aset secara akurat dan otomatis. Fitur penyusutan ini bisa dikatakan menyesuaikan dengan kebutuhan perusahaan Anda. Dalam perhitungan di aplikasi ini, Anda dapat menyesuaikan dengan standar akuntansi dan pajak yang berlaku.

Baca Juga:  Apple pesan ratusan juta chip A15 untuk iPhone 13

3. Laporan Keuangan

Tentunya di dalam fitur aplikasi akuntansi terdapat laporan keuangan yang dapat Anda lihat secara otomatis. Laporan keuangan yang sistematis tentunya menghasilkan data yang lebih valid dan mencegah human error. Saat ini banyak perusahaan yang mulai menyadari bahwa menggunakan cara manual dalam penyusunan laporan keuangan tidak efisien dan kurang akurat. Inilah sebabnya mengapa aplikasi akuntansi adalah kebutuhan untuk semua jenis bisnis.

Sumber :

Kimi Nur Kurangin tidur banyakin mimpi